Rayap Tanah Copto

Rayap Copto (Coptotermes) dapat dikategorikan sebagai jenis rayap yang paling banyak menimbulkan kerugian. Hal ini dikarenakan rayap ini dalam satu koloni mampu membentuk anggota-anggota yang jumlahnya sangat besar. Rayap jenis ini bahkan dapat menyerang bangunan-bangunan tinggi seperti Gedung Kampus, Gedung Perkantoran, Apartemen, dll.

Sekalipun rayap copto adalah rayap tanah yang secara umum bersarang di dalam tanah namun dilaporkan rayap ini mampu bersarang di dalam kayu yang diserangnya walaupupun tidak berhubungan dengan tanah, asal saja sarang tersebut sekali-sekali memperoleh kelembapan, misalnya mendapat tetesan air hujan dari atap bangunan yang bocor. Coptotermes bahkan pernah diamati menyerang bagian-bagian kayu dari Kapal Minyak yang melayani pelayaran Palembang – Jakarta,

Rayap copto menyerang suatu bangunan dengan beberapa cara, seperti:

  • Lubang/retakan kecil pada pondasi.
  • Pipa-pipa saluran air/kabel.
  • Lewat dari bagian bangunan kayu yang berhubungan dengan tanah, dll.

Cara rayap masuk ke dalam bangunan

 

 

Rayap Copto Prajurit

Salah satu cara untuk mengidentifikasi apakah rayap tanah yang sedang menyerang bangunan adalah rayap copto atau bukan adalah dengan memperhatikan kasta prajuritnya, yakni ciri khas kasta prajurit dari rayap copto bila menggigit akan mengeluarkan cairan berwarna putih.

 

 

 

 

 

Selain itu rayap ini juga dapat dikenali dari kerusakan yang ditimbulkannya. Berikut beberapa contoh kerusakan (kayu) yang diserang oleh rayap copto.

Rayap Copto Wood Damage 1

 

Rayap Copto Wood Damage 2

 

Who's Online

We have 31 guests and no members online

JSN Decor template designed by JoomlaShine.com