Sebelum melaksanakan pekerjaan penanggulangan hama rayap dengan metode pasca kontruksi (post-konstruksi) sebaiknya diawali dengan kegiatan pemeriksaan serangan rayap secara menyeluruh guna menentukan intensitas serangan yang terjadi, jenis rayap yang merusak bangunan, dan volume pekerjaan yang akan dilakukan. Hasil dari pemeriksaan ini diperlukan untuk menentukan teknik penanggulangan yang akan dipakai dalam mengatasi serangan hama rayap tersebut. Penanggulangan hama rayap dengan metode Post-Konstruksi dapat dilakukan dengan cara Perlakuan Tanah, Perlakuan Kayu, Perbaikan elemen bangunan yang mengalami kerusakan, dan teknik pengumpanan (baiting system). Pembahasan Baiting System lebih detail...Klik di sini.

 

Rayap Post Konstruksi Bor

Penanggulangan dengan cara perlakuan tanah pada bangunan :

 

Pengeboran pada lantaidilakukan di sepanjang pondasi di kedua sisi (sisi dalam dan sisi luar). Jarak antara dinding dan lubang pengeboran sejauh 0,15 m. Jarak antar lubang 0,4 m. Pengeboran ini dilakukan sampai dengan mata bor menyentuh/menembus tanah agar larutan termitisida bisa terserap sampai ke dalam tanah.

 

Pengeboran pada dinding,  diberikan apabila tanah yang seharusnya diberi perlakuan terdapat sumber air dan jaringan pipa saluran air kotor yang sulit diketahui serta pada dinding yang berhimpitan dengan bangunan lain.

Pengeboran pada retakan struktur, dilakukan pada retakan/lubang pada struktur atau pada bagian yang diduga merupakan jalan masuknya rayap.

 

Rayap Post Konstruksi SuntikPelaksanaan Injeksi, dengan menggunakan injector yang sesuai ukurannya. Larutan termitisida di-injeksi-kan lewat lubang-lubang yang sudah dibor sebelumnya dengan tekanan sedang sampai volume yang ditentukan terpenuhi atau sampai larutan keluar dari lubang berikutnya. Biasanya volume yang dipakai per lubang ± 2 liter larutan. Setelah lubang-lubang tersebut selesai di-injeksi harus ditutup dengan semen yang warnanya sama dengan lantai yang dibor.

Who's Online

We have 55 guests and no members online

JSN Decor template designed by JoomlaShine.com