Keberadaan hewan maupun tumbuhan yang berperan sebagai hama dalam kehidupan manusia telah diketahui sejak dulu. Hama-hama tersebut menyerang manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung seperti menimbulkan penyakit bagi manusia yang sering kali mengakibatkan korban jiwa, seperti Demam Berdarah/DBD (Dengeue Fever) yang disebabkan oleh Nyamuk Aedes Aegypti sebagai carrier,  penyakit malaria yang disebabkan oleh Nyamuk Anopheles, Penyakit Sampar dan Leptospirosis yang disebabkan oleh Tikus, dll. Secara tidak langsung seperti hama yang menyerang  area persawahan dan perkebunan, hama yang menyerang/merusak gudang penyimpanan bahan pangan/bahan industri, hama yang menyerang bangunan (Rayap/Termite) sehingga menimbulkan kerusakan pada struktur bangunan. Bila serangan hama-hama tersebut tidak segera ditangani maka dampak kerugian yang ditimbulkan sangat besar.

 

Manusia sebagai mahluk yang dianugerahi Tuhan YME kemampuan untuk berpikir, menganalisa, serta mencari solusi untuk setiap permasalahan yang sedang dihadapi – dalam hal ini Hama – telah berupaya sekuat tenaga untuk menanggulangi masalah ini. Hama-hama tersebut ada yang belum dapat diatasi sehingga sedang diupayakan solusinya namun juga ada yang sudah ditemukan solusinya, salah satunya dengan penggunaan Pestisida.

 

Mengingat dampak yang ditimbulkan pestisida terhadap manusia dan lingkungan sekitar sangat besar, maka penggunaan pestisida dalam mengendalikan hama tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan hanya boleh dilakukan oleh instansi-instansi yang memperkerjakan tenaga-tenaga yang sudah trampil dan terlatih yang dan memiliki sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang. Dari pemaparan ini maka Perusahaan Pengendalian Hama memiliki peranan yang sangat penting sebagai ujung tombak dalam pengendalian hama.

 

Sehubungan cakupan permasalahan hama yang sangat luas maka pembahasan hama dalam situs ini dibatasi hanya pada hama yang menyerang manusia dan pemukiman sekitarnya (Urban Pest). Hama-hama tersebut antara lain: Rayap, Nyamuk, Lalat, Kecoa, dan Tikus. Semoga situs ini dapat membantu pemahaman anda tentang hama dan bagaimana cara pengendaliannya.

Who's Online

We have 59 guests and no members online

JSN Decor template designed by JoomlaShine.com